Rabu, 29 Februari 2012

HARGA

Harga merupakan salah satu bagian dalam marketing MIX. Satuan atau suatu ukuran yang didalamnya termasuk kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa. Dan dapat diartikan sebagai bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan.


Penentuan harga juga memiliki strategi agar harga yang ditentukan dapat disesuaikan dengan pemasaran dan disesuaikan dengan pendapatan atau laba yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Yaitu :

1. Biaya produksi perunit dan sedikit penaikan

2. Penentuaan harga berdasarkan suplay, ketika akan memperkenalkan produk baru dengan menurunkan harga pada produk lama agar laku terjual

3. Mempertimbangkan harga produk yang dijual oleh pesaing ketika menentukan harga produknya


Adapun beberapa strategi utama yang sering pula digunakan oleh beberapa perusahaan. Yaitu :

¤ Mempertahankan Harga, strategi ini dilaksanakan dengan meningkatkan citra yang baik di masyarakat

¤ Menurunkan Harga, Strategi ini sulit untuk dilaksanakan karena perusahaan harus memiliki kemampuan finansial yang besar menerima margin laba dengan tingkat yang kecil.


Masuk kedalam point 3. Strategi menentukan harga yang lebih rendah dibanding produk pesaing agar dapat menembus pasar. Keberhasilan dari strategi ini pun bergantung pada seberapa elastis sifat suatu produk terhadap harga.


Elastis: permintaan akan suatu produk sangat responsif terhadap perubahan harga

Tidak elastis: permintaan akan suatu produk tidak responsif terhadap perubahan harga

harga predatori: Strategi menurunkan harga untuk menyerang pesaing baru yang masuk ke dalam pasar

harga prestise: Strategi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk meraih kesan sebagai yang terbaik


Dalam ketentuan Harga, Ada empat bentuk harga yang menggunakan strategi, yaitu :

1. Harga yang dikendalikan, harga yang selama periode inflasi saja

2. Elimination price, penetapan harga pada tingkat tertentu yang dapat menyebabkan pesaing - pesaing tertentu

3. Promotion price, memberikan harga rendah dengan kualitas sama, yang bertujuan untuk mempromosikan produk tertentu

4. Keep-out price, penetapan harga tertentu sehingga dapat mencegah para pesaing memasuki pasar Strategi


Suatu perusahaan akan lebih baik bila meninjau kembali pasar ketika penetapan harga produk sudah mapan. Karena meninjau adanya beberapa pertimbangan seperti beberapa hal ini.

1. Adanya perubahan dalam lingkungan pasar, misalnya pesaing besar menurunkan harga

2. Adanya pergeseran permintaan, misalnya terjadinya perubahan selera terhadap konsumen.


Namun Ada beberapa alasan atau penyebab perusahaan harus menurunkan harga produk yang sudah mapana.


harga defensif: Strategi menurunkan harga produk untuk mempertahankan pasardimana perusahaan memotong harga guna menghadapi persaingan yang makin ketatb.


Strategi Ofensif, di mana perusahaan mempunyai tujuan untuk memenangkan persaingan dengan produk kompetiter perusahaan lingkungan.


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar