Sabtu, 04 Februari 2012

HUBUNGAN PEMASARAN DENGAN PASAR

Pemasaran merupakan proses kegiatan dari produsen ke tangan konsumen. karena merupakan suatu proses kegiatan dimana kegiatan itu dilakukan, kapan kegiatan tersebut dapat dilakukan dan bagaimana caranya?

Semua tujuan tersebut berhubungan dengan pasar dimana produsen yang menawarkan barang akan bertemu dengan konsumen yang membutuhkannya. disinilah letak kegiatan pemasaran dilakukan dan kegiatan pemasaran tersebut mencakup strategi - strategi pemasaran perusahaan yang baik, cara-cara yang dilakukan perusahaan maupun saat kapan kegiatan tersebut dilakukan

Kalau dihubungkan dengan pasar, kita perlu tahu lebih dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pasar?

Adapun kegiatan pasar menurut beberapa pendapat adalah sebagai berikut :
1. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli
2. Pasar merupakan tempat yang banyak melakukan penawaran dan permintaan yang bertemu untuk membentuk harga,
3. Menurut William J Stanton : Banyak orang yang mempunyai keinginan untuk memuaskan uangnya dalam berbelanja.

Dengan melihat pengertian diatas dapat disimpulkan apa saja yang menjadi faktor utama terjadinya pasar :
1. Orang-orang yang mempunyai keinginan untukm terpuaskan
2, Daya beli konsumsi
3. Tingkahlaku pembeli atau setelah pembelian
4. Harga yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Jadi hubungan antara pemasaran dan pasar sangat erat. karena pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana agar produksi terjual dan dapat memuaskan keinginan pembeli sehingga pembeli akan membeli produk perusahaan yang sama setelah mereka merasa cocok dan puas akan produk yang bersangkutan. dengan melalui pasar perusahaan dapat melaksanakan konsep pemasarannya yaitu bagaimana usaha perusahaan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sebagai syarat sosial maupun ekonomi bagi kelangsungan hidup perusahaan,




Ada empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion (promosi?

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah :
5. People (Orang)
6. Physical Evidence (Bukti Fisik)
7. Process (Proses).

Penulis buku Seth Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.[1]
Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).

Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar