Sabtu, 11 Februari 2012

Segmentasi pasar dan targetnya

Setelah kalian mengenal apa itu marketing, sekarang kalian perlu tahu,, apasih SEGMENTASI PASAR ITU. segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar dengan keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen kedalam beberapa segmen, dimana masing-masing segmennya cendrung bersifat homogen dalam segala aspek.

nah,, yang dimaksud dengan heterogen itu sendiri adalah keadaan berbagai unsur yg berbeda sifat atau berlainan jenis. seperti masyarakat di kota besar juga membuat perbedaan segala peristiwa

 

Segmentasi pasar juga terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

1. Segmentasi pasar konsumen
Suatu segmentasi pasar yang terbentuk dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menlaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.


2. Segmentasi pasar bisnis
merupakan segmentasi yang terbentuk dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, baik waktu penggunaan maupun merek.

3. Segmentasi pasar yang efektif (Fandy Ciptono, 2001)
* Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli

* Besar segmen (subtantial): cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani;
* Dapat dijangkau (accessible): dapat dijangkau dan dilayani secara efektif;
* Dapat dibedakan (differentiable): secara konseptual dapat dipisahkan dan memberi tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan program bauran;
* Dapat diambil tindakan (actionable): program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen tersebut.
 

Perkembangan pada segmentasi pasar ini memerlukan pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen secara keseluruhan dan SDM, serta tujuan dan sumber daya perusahaan apakah perusahaan berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak



Dalam pemasaran kita perlu menentukan beberapa target pasar, seperti:

Konsentrasi segmen tunggal
Perusahaan memilih berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal itu dilakukan karena dana yang terbatas, segmen tersebut tidak memiliki pesaing, dan merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.

Spesialisasi selektif
Perusahaan memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki.

Spesialisasi pasar
Perusahaan memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu.

Spesialisasi produk

Perusahaan memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar.

Pelayanan penuh (full market coverage)
Perusahaan berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan. Hanya perusahaan besar yang mampu menerapkan strategi ini, karena dibutuhkan sumber daya yang sangat besar.

Walaupun sesungguhnya pendekatan segmentasi ini lebih dikenal dalam konsep pemasaran yang menghendaki diketahuinya kelompok-kelompok sasaran dengan jelas melalui pendekatan segmentasi pasar, namun pendekatan ini sesunguhnya juga bisa diterapkan dalam semua bidang kegiatan termasuk dalam bidang pendidikan. Konsep ini mulai berkembang setelah Wenddell Smith (1956) menjelaskan bahwa konsumen pada dasarnya berbeda, sehingga dibutuhkan program-program pemasaran yang berbeda-beda pula untuk menjangkaunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar