Sabtu, 04 Februari 2012

MENGENALI DUNIA MARKETING

Dalam Bahasa Inggris sering disebut Marketing yang berarti Pemasaran.   Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.  Pemasaran merupakan bagian yang penting dalam dunia pasar, dimana terjadi transaksi jual beli yang tergantung pada keputusan konsumen dalm membeli.



Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan Handphone dalam memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Jika ada Handphone maka kebutuhan komunikasinya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya saja, tapi juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya handphone merek Blackberry yang memiliki sosial network yang baik. Maka manusia ini memilih Blackberry yang sesuai dengan kebutuhan dalam komunikasi dan sesuai dengan keinginannya yang juga memiliki sosial network yang baik.


Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Pada dasarnya funsi pemasaran itu merupakan suatu proses kegiatan yang tidak sederhana dari barang sebelum produksi sampai ketangan konsumen hingga sampai ketangan konsumen yang dapat menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak sampai pada kembalinya modal perusahaan.


Adapun pengertian dari beberapa ahli pemasaran:
1. Wiiliam J Stanton : Pemasaran merupakan keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
2. Philip dan Duncan : Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menempatkan barang-barang berujud kepada konsumen
3. American marketing Association : Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.


Kegiatan pemasaran dilakukan karena berfungsi dalam beberapahal seperti :
- dapat memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan
- dapat mempengaruhi keputusan membeli konsumen
- dapat menciptakan nilai ekonomis suatu barang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar